GAPURANA | Portal Opini Warga

OpiniWarga

  

Di Ketemukan Sekolah Masih Berlantaikan Tanah Di Kabupaten Tasikmalaya

Ruangan Kelas MIS Fathul Huda Sukasenang Kab;Tasikmalaya  Masih Berlantaikan Tanah

Ruangan Kelas MIS Fathul Huda Sukasenang Kab;Tasikmalaya Masih Berlantaikan Tanah

Oleh : Asep Rizal

Gapur  Kabupaten Tasikmalaya,

Perjalanan itu sampai juga di sebuah Kampung yang punya daerah masih “Punya” Tugu Rumah yang jarang-jarang , Kampung  tersebut  Bernama Kampung Pasir Se’reh Desa Sukasenang Kecamatan Tanjungjaya Kabupaten Tasikmalaya.

Suasana kampung itu tidak terlalu istimewa bila di perhatikan .

“Biasa suasana sepi begini kan namanya juga daerah perkampungan “ Ucapan itu terdengar dari Kepala Desa setempat  Yaya.S (57) ketika tadi siang berpapasan di jalanan kampung itu  ketika dirinya akan mengomandani perbaikan Jalan di sebuah titik perkampungan yang ada di wilayah Desanya.

Sekilas aku berfikir keberadaan Kampung yang berjarak sekitar 25 Km dari ibu Kota Kabupaten di Singaparna itu mempunyai lahan Potensial bagi kegiatan berbagai Program Pertanian , namun setelah dilihat dari dekat ternyata daerah itu merupakan daerah yang bertanahkan cadas mungkin potensi lain tersimpan di Desa Sukasenang ini fikirku.

“Penduduk di kampung Pasir Se’reh itu kira-kira ada 500 Kepala Keluarga di bagi 3 ke-RT-an (Rukun Tetangga) cukup luas kampung itu sebetulnya “ Ucapan itu terlontar dari Sekertaris Desa Sukasenang Burhanudin yang di temui di kantor Desanya tadi siang.

Untuk urusan pendidikan anak-anak  kampung itu sempat punya masalah Besar di waktu yang lalu , karena letak  Wilayah Kampung dengan Sekolah Dasar yang berada di jalan Protokol jalur Lintas Desa lumayan jauh.

“Sekitar 7 KM untuk sampai ke Sekolah Dasar Negri ketika itu , anak-anak yang Berasal dari Kampung  pasir se’reh sering kesiangan masuk sekolah karena jauh jarak tempuh dengan jalan kaki jadi terlalu bermasalah dengan proses belajar , baik bila musim kemarau , namun terlalu bermasalah bila musim penghujan , anak-anak kampung itu sangat kasihan sekali proses belajarnya ketika masih bersekolah di SDN tersebut,!” lanjut Kepala Desa melanjutkan bincang-bincangnya dengan penulis.

Usaha Membangun Sebuah Sekolah MIS (Madrasah Ibtidaiyyah Swasta);

Dalam menyikapi tentang Proses mengusahakan agar Anak-anak Kampung Pasir Se’reh  mendapat pendidikan yang layak  , Warga Kampung itu rembukan (musyawarah)  tujuannya  “Menyediakan Bangunan Sekolah MIS” (Madrasaha Ibtidaiyyah Swasta) yang di danai dari dana Swadaya Murni tanpa ada bantuan dari Pemerintah sepeserpun .

“ Berdirinya Sekolah MIS Fathul Huda ini sekitar tahun 2010 yang lalu semua  atas prakarsa masyarakat dari mulai membeli tanah lalu mendirikan bangunan semuanya hasil swadaya masyarakat “ Kepala Yayasan MIS Fathul Huda Tamim (61) memberikan keterangan kepada penulis.

Namun selepas sekolah itu di beri SK pendirian oleh Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tasikmalaya sama sekali belum terjamah “bantuan apapun” dari Pemerintah Pusat maupun daerah.

Suasana sekolah itu kira-kira seperti suasana sekolah-sekolah di Daerah Pedalaman , terlihat bangunan sekolah hanya mempunyai 3 Ruangan Kelas dengan dua kelas yang belum di tembok lantainya , masih beralaskan tanah merah , jumlah Murid-murid dari mulai Kelas 1-5 (Karena Belum melakukan Kelulusan)  ada 150 orang jumlahnya , dengan cara berdesakan-desakan anak-anak kampung itu sekolah di tempat yang  “ngebul karena debu-debu tanah ” bila musim  kemarau (seperti saat ini) dan sangat  becek ketika musim Hujan telah tiba .

Mensiasati hal tersebut para guru yang semuanya berjumlah 7 Orang (Plus Kepala Sekolah) dan semuanya adalah  tenaga pengajar  Honorer menerapkan system skat-skat ruangan kelas , “bila memungkinkan kami suka satukan mereka di ruangan kelas yang sama dengan jadwal belajar yang berbeda perkelasnya,!” ucap salah seorang tenaga pengajar.

Namun dengan demikian para Guru berharap Pemerintah Pusat dan Daerah secepatnya membantu proses penyelesaian  pembangunan sekolah MIS Fathul Huda tersebut,karena kenyamanan suasan dengan daya dukung sarana prasarana yang memadai akan berpengaruh pada proses belajar dan mengajar di Sekolah Kepunyaan Warga Pasir Se’reh tersebut.

“Pernah ada yang mengunjungi dari salah satu anggota Dewan dari Pusat Jakarta , dan menjanjikan akan segera membantu pembangunan sekolah ini namun hingga detik ini bantuan itu belum Nongol juga ,,!” Lanjut kepala Yayasan.

Ketua Komite MIS Fathul Huda Mamat (58) ikut pula berkomentar ,

“ Kunjungan dari pihak Kenentrian Agama Kabupaten Tasikmalaya mah ,,sudah beberapa kali tapi bantuan untuk bangunan dari dana apapun belum di terima Sekolah ini ,,!” Ucapnya dengan nada Memelas.

Pesan Yang Terkemas;

Kita himbau untuk para pemrakarsa pendidikan atau dari manapun asalnya “Dapatkah kita melihat hal ini dengan sebaik mungkin? Lalu Nasib anak-anak kampung itu tetap akan punya Ruangan yang Berlantaikan Tanah Merah ? dapatkah Rehat sejenak untuk berfikir membantu Proses Pembangunan bagi ruangan-ruangan Kelas Anak Bangsa Aset bangsa itu? , mudah-mudahan pertanyaan ini  terjawab , dan bukan hanya bertanya pada Rumput yang Bergoyang.

 


The following two tabs change content below.
Ayo gabung di Gapurana, tulis apapun yang ingin kamu sampaikan disini.
Gapurana adalah Media Warga. Setiap informasi atau opini di Gapurana menjadi tanggung jawab Penulis.

  

Related articles

  • 2 Dimensi Penghidupan Warga Masyarakat 2 Desa Di Kec;Sukaraja Kab;Tasikmalaya

    2 Dimensi Penghidupan Warga Masyarakat 2 Desa Di Kec;Sukaraja Kab;Tasikmalaya | Gapura Indonesia NEWS gapuraindonesia.com/ 20 Nov 2014 - Fpkus Kata Kunci:Pilih kata atau frasa kunci utama untuk pos/laman ini.

    Baca this post untuk info lebih lanjut. Judul SEO:The SEO title defaults to what is generated based on this sites title template for this posttype. Warning: Title display in Google is limited to a fixed width, yours is too long. Deskripsi Meta:The meta description is often shown as the black text under the title in a search result. For this to work it has to contain the keyword that was searched for.

    Read this post for more info. Deskripsi meta akan dibatasi sampai 156 chars, 140 chars tersisa. Kata Kunci Meta: Jika Anda mengetik sesuatu di atas maka ia akan menimpa meta keywords template Anda.

  • Cipanas Galunggung Itu Indah “Namun Kurang,,,!”

    Cipanas Galunggung Itu Indah "Namun Kurang,,,!" | Gapura Indonesia NEWS gapuraindonesia.com/ 16 Nov 2014 - Fpkus Kata Kunci:Pilih kata atau frasa kunci utama untuk pos/laman ini.

    Baca this post untuk info lebih lanjut. Judul SEO:Titel SEO secara default berdasarkan titel template situs untuk posting ini Warning: Title display in Google is limited to a fixed width, yours is too long. Deskripsi Meta:The meta description is often shown as the black text under the title in a search result. For this to work it has to contain the keyword that was searched for.

    Read this post for more info. Deskripsi meta akan dibatasi sampai 156 chars, 140 chars tersisa. Kata Kunci Meta: Jika Anda mengetik sesuatu di atas maka ia akan menimpa meta keywords template Anda. Kutipan Kutipan Kutipan adalah rangkuman dari konten Anda yang dibuat secara manual dan dapat digunakan di dalam tema Anda. Pelajari lebih jauh mengenai kutipan manual. Kirim Lacak balik Kirim lacak balik ke: (Pisahkan URL-URL dengan spasi) Lacak balik merupakan sebuah cara untuk memberitahu sistem blog Anda bahwa Anda telah memasang tautan ke mereka. Jika Anda memasang taut ke situs WordPress lainnya mereka akan diberitahu secara otomatis menggunakan ping balik, tidak diperlukan tindakan lain. Ruas Tersuai Tambahkan Ruas Tersuai yang Baru: Nama Nilai Masukkan baru Ruas tersuai dapat digunakan untuk menambahkan metadata tambahan ke dalam sebuah tulisan yang dapat Anda gunakan di tema Anda. Diskusi Izinkan komentar. Izinkan lacak balik dan ping balik di halaman ini. Twitter Cards Documentation Documentation Validator Troubleshooting Preview Name associated with @gapuratv By Name associated with @gapuratv View on the web Card type Card Type Image Set another source as twitter image (enter URL) Facebook Auto Publish - Post Options Facebook Enable auto publish post to my facebook account Posting method Message format for posting Top 10 Location of thumbnail: Enter the full URL to the image (JPG, PNG or GIF) you'd like to use. This image will be used for the post. It will be resized to the thumbnail size set under Settings » Related Posts » Output Options The URL above is saved in the meta field: post-image

  • Menerobos Gerimis Di Kebun Teh Bojonggambir Kabupaten Tasikmalaya

    Oleh; Asep Rizal Bojonggambir Kab;Tasikmalaya,Gapura Indonesia News; Hujan yang mengguyur Wilayah Kabupaten Tasikmalaya Kemarin Siang (Rabu 12/11/2014) hampir rata membasahi tanah seluruh Wilayah  Kabupaten tersebut. “Maksud hati tak bisa terbendung , kita terobos hujan gerimis ini mudah-mudahan cepat sampai ke tempat tujuan ,,!” Rekan penulis berucap setelah menghabiskan segelas Kopi Hitamnya yang di pesan di […]

  • Eman Penyandang Disabilitas Pembuat “Kere’/Wide” Dari Pelepah Kiray

    Oleh : Asep Rizal  Gapura Kabupaten Tasikmalaya, “Dari 1997 saya sudah menekuni pembuatan Wide Kiray ini !” Ucap Eman.Sulaeman (37) seorang penyandang Disabilitas Warga Kampung Sukahurip Rt; 03 Desa Serang Kecamatan Salawu Kabupaten Tasikmalaya  Jabar ketika penulis mencoba tandang ke Rumahnya yang sederhana. Ketekunan Eman itu telah menuai Hasil yang memuaskan untuk dirinya dan kedua […]

Leave a Reply

ADVERTISE WITH US

Redaksi Gapura Media

Telepon : (0262) - 4890149

HP : 08122434489

sales[at]gapuraindonesia.com

www.gapuraindonesia.com

CITIZEN JURNALISM

Disini Anda dapat mengirim dan menulis berita atau opini, yang Anda temukan di lingkungan sekitar Anda. Mohon gunakan bahasa yang sopan dan santun.

About Us

Portal Gapurana adalah portal media online yang menampung opini serta informasi dari masyarakat. Semua tulisan di Gapurana sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis.

Our Parners