GAPURANA | Portal Opini Warga

OpiniWarga

  

Mendidik Hidup Bersih Dari Usia Dini, Menjaga Alam Untuk Generasi

mari bersih bersih

Oleh: Diah Shita Asri Waluyo

Pendidikan disadari memang memerlukan waktu yang lama namun dampak yang dihasilkan dapat tertanam dalam waktu yang relative lebih abadi pula. Oleh karena itu tidak heran jika mengubah perilaku yang berbeda sama sekali dari kebiasaan sehari-hari memerlukan waktu yang lebih lama lagi dan memerlukan berbagai cara untuk menarik minat serta terus berlangsung secara kontinyu.

Untuk itu langkah terbaik menanamkan sesuatu yang baik dan benar dilakukan sejak dari usia dini. Seperti halnya dengan kebiasaan hidup bersih. Menanamkan kebiasaan hidup bersih dari usia dini adalah langkah bijak untuk memberi bekal kepada generasi muda tentang rasa cinta pada lingkungan dan bagaimana menjaga lingkungan dengan baik.

Memberi bekal pendidikan yang baik merupakan kewajiban setiap orangtua dan ditunjang dengan pendidikan formal maupun pendidikan informal lainnya. Salah satu kegiatan di sekolah yang patut diacungi jempol dalam mendukung pengelolaan kebersihan berbasis masyarakat adalah adanya kader lingkungan cilik.

Kader-kader ini sengaja dibentuk untuk menjadi agen-agen pecinta lingkungan dan dapat memberi contoh kepada teman-temannya yang lain bagaimana mengelola lingkungan dengan baik. Tak segan mereka memilah dan memilih sampah diantara tempat-tempat sampah yang telah disediakan.

Lubang-lubang biopori dilapangan sekolah tak luput menjadi perhatian dengan memasukkan sampah-sampah organic ke dalamnya. Hasilnya memang menakjubkan, lingkungan sekolah menjadi bersih, tertata rapi, hijau dan segar, yang tentu saja memberikan suasana yang mendukung proses belajar mengajar.

Kegiatan kader lingkungan cilik ini memang belum dilakukan di seluruh sekolah-sekolah di Kota Banjar. Bukti nyata kader lingkungan ini adalah lingkungan sekolah menjadi lebih baik karena murid-murid menjadi ikut merasa bertanggungjawab menjaga dan memelihara lingkungan sekitar. Dan tentu saja memberikan kontribusi yang sangat besar bagi kelestarian lingkungan hidup yang lebih luas di masa yang akan datang. Maju terus anak-anakku, di tangan kalianlah kami serahkan harapan untuk kemajuan Kota Banjar !!!

Gapurana adalah Media Warga. Setiap informasi atau opini di Gapurana menjadi tanggung jawab Penulis.

  

Leave a Reply

ADVERTISE WITH US

Redaksi Gapura Media

Telepon : (0262) - 4890149

HP : 08122434489

sales[at]gapuraindonesia.com

www.gapuraindonesia.com

CITIZEN JURNALISM

Disini Anda dapat mengirim dan menulis berita atau opini, yang Anda temukan di lingkungan sekitar Anda. Mohon gunakan bahasa yang sopan dan santun.

About Us

Portal Gapurana adalah portal media online yang menampung opini serta informasi dari masyarakat. Semua tulisan di Gapurana sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis.

Our Parners