GAPURANA | Portal Opini Warga

OpiniWarga

  

#RamadhanComics Ramaikan Ramadhan Tahun Ini

sibedil

Ramadhan 1436H ini, turut diramaikan oleh hashtag #RamadhanComics di media sosial Facebook. Komik-komik reliji bertema Ramadhan ini diikuti oleh para komikus-komikus lokal yang karyanya juga cukup dikenal oleh masyarakat. Sebut saja, Vbi_Djenggotten (Komik 33 Hadist Nabi), Handri Satria (Al-Fatih 1453), Sandy PU (Tomo & Tama), Rizki Goni  (Si Kancil), Ardian “Squ” Candra (Pengen Jadi Baik), Ridwan Syahroni (101 Lawak Gadget), Yuyun Yunardi (Si Jujun), Taufiq “Ipot” Yuniarto, Ghinan Aulya (Islam In Comic) dan sejumlah komikus lainnya.

Sandy PU, koordinator #RamadhanComics, bercerita awal mula munculnya gerakan ini karena usulan temannya, komikus bernama Sis Mustassem.

“Awal usul dari om Sis Mustassem. Bagaimana mengisi Ramadhan di media sosial, dengan hal-hal yang bermanfaat lewat komik.  Karena media sosial saat ini menjadi sesuatu yang penting dalam kehidupan sehari-hari. Jangan sampai isinya cuma hal-hal yang tidak penting apalagi menjurus pada hal negatif”

Gerakan yang telah menelurkan belasan komik strip hingga saat ini menurut Sandy memiliki tujuan untuk menyatukan komikus-komikus muslim, juga untuk memberi manfaat positif lewat komik selama Ramadhan.

“Tujuan yang pertama belajar bersatu.  Kalo gerak bareng  dengan hastag yang sama kan kelihatan kompak sebagai sesama komikus. Kedua, seperti yang saya bilang tadi, mengisi Ramadhan dengan hal positif atau bermanfaat lewat komik. “

Sandy juga menjelaskan bahwa para komikus sangat antusias dengan gerakan ini.

“Alhamdulillah setiap harinya ada yang update, dan dibagikan di grup. Komikus seperti Vbi Djenggotten dan Ardian “Squ” Candra juga ikutan”

Saat ditanya apakah akan ada gerakan serupa di luar Ramadhan, Sandy mengaku belum tahu. Namun dia berharap semoga komik bertema reliji tetap update di media sosial.

“Belum tau juga. Usulan mas Ghinan (Islam In Comic) sih komik-komik dalam #RamadhanComics dikumpulkan jadi satu dalam bentuk buku, tapi semua tergantung kesepakatan teman-teman. Harapan saya sih setelah Ramadhan semoga tetep ada komik-komik reliji yang update di media sosial, kayak komik Si Bedil misalnya”

Sementara itu ditempat terpisah, Taufiq Yuniarto alias Ipot , merespon positif gerakan #RamadhanComics tersebut.

“Saya sebenarnya menunggu sekali ada gerakan komik yang mengangkat kekayaan visi dan misi Islam. Beruntung ternyata gak hanya saya sendiri yg berpikir demikian, begitu semangatnya saya dengan gerakan komik ini sama gembiranya dengan munculnya Underground Tauhid sebagai media dakwah yg anti mainstream. ”

Tak hanya  Ipot, komikus yang dikenal lewat karyanya “Al Fatih 1453”, Handri Satria, juga berpendapat bahwa #RamadhanComics ini adalah gerakan yang melahirkan karya-karya yang inovatif dan juga jenaka.

“#RamadhanComics ini event yang dilakukan para komikus, dalam menyambut bulan suci Ramadhan, kesadaran dan kecintaan para komikus kepada Allah dan Rasulnya, melahirkan karya karya yang sangat inovatif dan juga jenaka, tentunya dengan cara yang santun tidak menggurui, maka bener banget kalau banyak yang bilang bulan ini penuh berkah, selain berkarya tapi juga berkarya di jalan Allah Swt”

Semoga nanti makin banyak gerakan yang melahirkan karya-karya inspiratif seperti #RamadhanComics ini. Bagi teman-teman yang ingin melihat komik-komik tersebut bisa dilihat di sini. ( Komik Ramadhan )

Via : www.undergroundtauhid.com/

The following two tabs change content below.
Ayo gabung di Gapurana, tulis apapun yang ingin kamu sampaikan disini.
Gapurana adalah Media Warga. Setiap informasi atau opini di Gapurana menjadi tanggung jawab Penulis.

  

Leave a Reply

ADVERTISE WITH US

Redaksi Gapura Media

Telepon : (0262) - 4890149

HP : 08122434489

sales[at]gapuraindonesia.com

www.gapuraindonesia.com

CITIZEN JURNALISM

Disini Anda dapat mengirim dan menulis berita atau opini, yang Anda temukan di lingkungan sekitar Anda. Mohon gunakan bahasa yang sopan dan santun.

About Us

Portal Gapurana adalah portal media online yang menampung opini serta informasi dari masyarakat. Semua tulisan di Gapurana sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis.

Our Parners