GAPURANA | Portal Opini Warga

OpiniWarga

  

Ayo Saatnya Membudidayakan Pepaya California di Garut

Budidaya Buah Pepaya California

Dadan saat menunjukan pohon pepaya california miliknya.

Seorang pemuda di Garut terlihat sumringah saat pohon pepaya yang Ia tanam mulai berbuah, jenis pepaya yang Ia tanam yaitu pepaya california.

Pepaya california memang telah lama dibudidayakan oleh para petani di Indonesia, khususnya di Garut Jawa Barat. Menurut beberapa orang petani pepaya california memiliki banyak keunggulan, salah satunya mempunyai rasa yang manis dan berbuah banyak di setiap pohonnya.

Dadan salah seorang pemuda di Kecamatan Bayongbong Kabupaten Garut menyebutkan, Ia telah mencoba membudidayakan pepaya california di daerah tempat Ia tinggal. Dan hingga saat ini ada beberapa pohon yang sudah mulai siap panen.

“Saya telah mencoba membudidayakan pepaya california sejak 4 bulan yang lalu, dan alhamdulillah saat ini sudah ada pohon yang siap panen.” Kata Dandan saat ditemui beberapa waktu lalu.

Menurutnya awal bibit pepaya california diperoleh dari buah pepaya yang Ia beli di supermarket, Ia mulai coba-coba menanam biji pepaya tersebut di pekarangan madrasah tempat Ia tinggal.

Bibit pepaya california

Budidaya bibit pepaya california di Garut

“Saya dapat bibitnya dari buah pepaya yang saya beli di supermarket, dari pada dibuang saya coba tanam sendiri bijinya. Setelah beberapa hari ternyata ada perkembangan, dari situ saya mulai rawat dan menanam biji pepaya yang lainnya.”, Ungkapnya.

Dadan menambahkan untuk budidaya pepaya california tidak begitu sulit, asalkan telaten dan sabar saat membudidayakannya. Selain pepaya california saat ini Ia juga mencoba membudidayakan pepaya thailand dan pepaya lokal.

Dadan berharap kedepan pepaya california miliknya dapat dipasarkan di pasar atau supermarket. Ia juga mengajak para pemuda di Garut untuk mulai menekuni usaha di bidang pertanian, mengingat saat ini usaha pertanian sudah mulai ditinggalkan oleh para pemuda.

Ayo Saatnya Membudidayakan Pepaya California di Garut

The following two tabs change content below.
Ayo gabung di Gapurana, tulis apapun yang ingin kamu sampaikan disini.
Gapurana adalah Media Warga. Setiap informasi atau opini di Gapurana menjadi tanggung jawab Penulis.

  

Leave a Reply

ADVERTISE WITH US

Redaksi Gapura Media

Telepon : (0262) - 4890149

HP : 08122434489

sales[at]gapuraindonesia.com

www.gapuraindonesia.com

CITIZEN JURNALISM

Disini Anda dapat mengirim dan menulis berita atau opini, yang Anda temukan di lingkungan sekitar Anda. Mohon gunakan bahasa yang sopan dan santun.

About Us

Portal Gapurana adalah portal media online yang menampung opini serta informasi dari masyarakat. Semua tulisan di Gapurana sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis.

Our Parners