GAPURANA | Portal Opini Warga

OpiniWarga

  

Miris..!! Bangunan “Sakola Kautamaan Istri” Peninggalan RA Lasminingrat Akan Dipugar Pemda Garut

Rani Diky Chandra Ketua Pengusung pengajuan gelar Pahlawan RA Lasminingrat, foto dok

Oleh : Rani Diky Chandra

Sukses tidaknya seorang anak seringkali dipengaruhi oleh rasa hormat anak kepada orgtua, makanya di dalam Islam anak diwajibkan untuk tetap mendoakan orang tua meski sudah wafat dan anak diperintahkan menghormati dan berbakti kepada oranng tua.

Contoh negara Jepang dan Cina sangat menghargai sejarah, peninggalan leluhurnya, akhirnya pantas jika mereka menjadi negara maju mandiri dan berkarakter baik. Kalau masih punya keinginan Garut maju, mulailah dengan cara “TIDAK MELUPAKAN SEJARAH”.

Tidak bisa dipungkiri, kami yang pernah berjuang menguak sejarah keberadaan pahlawan perempuan sunda beserta bukti peninggalan sejarah dan proses perjuangannya, merasa ingin mendapatkan klarifikasi dari pihak pemerintah daerah Kabupaten Garut. Apa yang akan dilakukan dengan rencana pemugaran SDN Regol 7, apakah hanya memperbagus bangunan sehingga lebih terlihat indah, ataukah ada manfaat lain yang lebih penting, sehingga harus menghilangkan bangunan bersejarah yang merupakan peinggalan Cagar Budaya yang seharusnya dilindungi.

Seharusnya DIDAFTARKAN sebagai BENDA CAGAR BUDAYA oleh dinas Budaya dan Pariwisata perjuangan kami mengajukan RA Lasminingrat menjadi pahlawan nasional masih dalam perjuangan yang memang tidak mudah, bukan hanya untuk mengingat ingat sejarah saja tapi juga memberikan motivasi kepada kaum perempuan sunda untuk gigih dalam bidang intelektual , karena sejarah membuktikan bahwa Garut mempunyai pahlawan perempuan intelektual hebat yang mendirikan Sakola Kautamaan Istri tahun 1911 ( SDN Regol 7).

Selain karya bangunan sejarah juga terdapat beberapa karya sastra untuk mencerdaskan masyarakat Garut khususnya kaum perempuan membuat beberapa karya sastra jauh sebelum Ra Kartini dan Rd Dewi Sartika.

Jika bangunan bersejarah ini dihilangkan atau diganti degan bangunan lebih mewah meski tetap dengan nama Lasminingrat, itu akan menghapus jejak juang pahlawan kami, MEMBUNUH RUH nya meski jasadnya MEWAH.
Sadarlah..!!

The following two tabs change content below.

alghifari

Gapurana adalah Media Warga. Setiap informasi atau opini di Gapurana menjadi tanggung jawab Penulis.

  

Leave a Reply

ADVERTISE WITH US

Redaksi Gapura Media

Telepon : (0262) - 4890149

HP : 08122434489

sales[at]gapuraindonesia.com

www.gapuraindonesia.com

CITIZEN JURNALISM

Disini Anda dapat mengirim dan menulis berita atau opini, yang Anda temukan di lingkungan sekitar Anda. Mohon gunakan bahasa yang sopan dan santun.

About Us

Portal Gapurana adalah portal media online yang menampung opini serta informasi dari masyarakat. Semua tulisan di Gapurana sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis.

Our Parners