GAPURANA | Portal Opini Warga

OpiniWarga

  

Indonesia Mengalami Peningkatan Infeksi Baru HIV Tertinggi di Dunia

seminar Kesehatan di Bandung, foto dr Asep Sifyan,

Catatan dari Seminar Kesehatan di Bandung oleh Kang dr Asep sufyan

Mendiskusikan isu LGB-T secara ilmiah dikaji oleh para ahli psikatri, endokrinologi-reproduksi, neurosains, psikologi ternyata membuat otak ini sesaat bebas dari prasangka. Mengalir sedemikian rupa sehingga pemahaman saya tentang orientasi seksual, perilaku seksual, identitas seksual, Skala Kinsey, Klein Sexual Orientation Grid, homseksual, biseksual, transkeksual-interseksual, dll-nya menjadi lebih baik.

Yang menjadi fakta saat ini adalah kenaikan penularan kasus baru pada kelompok Laki-laki Seks Laki-laki (LSL) atau homoseksual sangat signifikan dari tahun ke tahun. Di Jawa Barat saja dari tahun 2013 s.d 2015 terjadi peningkatan penularan kasus baru HIV pada LSL 21% (1.426 kasus) dan pada kelompok waria justru terjadi penurunan (4% – 272 kasus). Indonesia merupakan salah satu negara di dunia dengan peningkatan infeksi baru HIV yang tertinggi dan penularannya terutama pada kelompok LGB dan perempuan umum berisiko rendah.

Yang terlebih penting adalah bagaimana orang tua memiliki peran sangat penting dalam perkembangan seksualitas anak. Orang tua harus lebih sensitif dan memberikan atensi yang lebih tehrhadap pendidikan seksualitas di lingkungan keluarga. Selain itu bagi kaum LGBT khususnya LSL harus lebih mampu mengendalikan diri – mempraktikkan perilaku seks yang aman (safe sex).

Saya menjadi lebih paham perbedaan mendasar antara homoseks murni dan homoseks yang hanya sebagai pekerja seks. Saya menjadi lebih paham perbedaaan antara Orang Dengan Masalah Kejiwaan (ODMK) dan Orang Dengan Gangguan Jiwa (ODGJ). Tenaga kesehatan harus memiliki kemampuan memberikan konseling yang efektif agar mampu berperan dalam menghambat laju pertambahan kasus HIV di kalangan LGBT atau bahkan dalam upaya normalisasi, bukan malah ikut-ikutan memberikan judgment negatif yang pada akhirnya terjebak dalam stigma dan perilaku diskriminatif.

dikutif dari akun facebook Kang Asep Sufyan tulisan dr. Asep Sufyan (Ketua Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Kuningan)

The following two tabs change content below.
Gapurana adalah Media Warga. Setiap informasi atau opini di Gapurana menjadi tanggung jawab Penulis.

  

Leave a Reply

ADVERTISE WITH US

Redaksi Gapura Media

Telepon : (0262) - 4890149

HP : 08122434489

sales[at]gapuraindonesia.com

www.gapuraindonesia.com

CITIZEN JURNALISM

Disini Anda dapat mengirim dan menulis berita atau opini, yang Anda temukan di lingkungan sekitar Anda. Mohon gunakan bahasa yang sopan dan santun.

About Us

Portal Gapurana adalah portal media online yang menampung opini serta informasi dari masyarakat. Semua tulisan di Gapurana sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis.

Our Parners