GAPURANA | Portal Opini Warga

OpiniWarga

  

Pengaruh Terapi Puasa Dalam Kemoterapi

gambar ilustrasi, istimewa

Oleh : dr. Asep Supyan

Menjelang waktu buka puasa sore ini, saya ingin berbagi pengetahuan tentang pengaruh terapi puasa dalam kemoterapi. Sebuah kajian sistematis (systematic review) telah dilakukan oleh Lei Sun, Yong-Jiang Li, Xi Yang, Ling Gao, dan Cheng Yi tentang efek terapi puasa dalam pengobatan kanker yang selama ini dianggap masih kontroversial. Artikelnya telah dipublikasikan dalam Jurnal Translational Cancer Research (TCR) Vol. 6 No. 2 pada bulan April 2017.

Beberapa literatur elektronik yang bersumber dari PubMed, Web of Science, Embase, dan Cochrane Library telah dievaluasi oleh 2 orang reviewer independen dan semua hasil penelitian diseleksi sesuai dengan kriteria inklusi yang telah ditetapkan.

Hasilnya terdapat 22 penelitian yang terdiri dari 18 penelitian pada tikus dan anjing dan 4 penelitian pendahuluan pada manusia yang dipublikasikan dari tahun 2006 sampai tahun 2016. Hasilnya menunjukkan bahwa terdapat 10 penelitian yang menyatakan bahwa terapi puasa memberikan pengaruh protektif terhadap efek samping kemoterapi yang sedang dilakukan. Selain itu, terdapat 15 artikel yang menegaskan terapi puasa dapat menghambat pertumbuhan tumor dan 14 artikel menegaskan puasa berperan dalam mengatur ulang metabolisme sel.

Kesimpulannya terapi puasa dapat dipertimbangkan sebagai salah satu upaya untuk mengurangi kejadian efek samping kemoterapi, menekan pertumbuhan dan penyebaran sel kanker, dan meningkatkan daya tahan pasien. Hasil kajian juga menyebutkan lama puasa yang lebih dari 48 jam ditemukan sebagai titik krusial dalam menimbulkan dampak merugikan dari terapi puasa.
Status selesai ditulis diakhiri dengan azan Maghrib. Alhamdulillah….

Penulis Dosen dan Praktisi Kesehatan Tinggal di Kota Tasikmalaya, Tulisannya diambil dari akun facebook resmi miliknya.

The following two tabs change content below.
Gapurana adalah Media Warga. Setiap informasi atau opini di Gapurana menjadi tanggung jawab Penulis.

  

Leave a Reply

ADVERTISE WITH US

Redaksi Gapura Media

Telepon : (0262) - 4890149

HP : 08122434489

sales[at]gapuraindonesia.com

www.gapuraindonesia.com

CITIZEN JURNALISM

Disini Anda dapat mengirim dan menulis berita atau opini, yang Anda temukan di lingkungan sekitar Anda. Mohon gunakan bahasa yang sopan dan santun.

About Us

Portal Gapurana adalah portal media online yang menampung opini serta informasi dari masyarakat. Semua tulisan di Gapurana sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis.

Our Parners