GAPURANA | Portal Opini Warga

OpiniWarga

  

KKN 02 UMM – Kegiatan Belajar Bersama dan Tahzin

Belajar, di usia yang masih kanak-kanak bermain merupakan hal yang terdengar lebih menyenangkan dibanding belajar. Belajar terdengar sangat membosankan dan membuat ngantuk. Itulah mungkin yang terlintas dipikiran para anak-anak tersebut dan mungkin dalam pikiran kita bahkan. Ya memang sih saat dipaksa belajar bahkan kami pun yang sudah disebut “Mahasiswa” juga enggan melakukakannya dan belajar jika ada tugas dan ujian yang menanti kami. Tapi walau bagaimana pun belajar merupakan kewajiban kita bukan hanya sebagai pelajar tapi juga sebagai manusia. Sebagai khalifah di bumi ini kita harus terus belajar dan memperbaiki diri sampai hembusan nafas terakhir kita.

Hal ini mendorong kami untuk mengadakan belajar bersama dengan adik-adik kami di desa cakul. Kami ingin mereka lebih bersemangat dalam menuntut ilmu baik itu ilmu akademis dan agama. Pembelajaran tentang agama lebih kami tekankan disini. Kenapa? Karena sudah sejak pagi sampai siang mereka telah menimba ilmu dibidang akademis, dan saat sore saatnya mereka memperdalam ilmu agama mereka dengan mengaji, belajar tajwid, menghafal surah-surah pendek dengan harapan nanti ilmu yang sedikit ini akan terus berkembang dan membawa keberkahan baik bagi mereka dan orang lain. Seusai mengaji dan belajar agama, kami mengajak adik-adik kami untuk mengerjakan PR mereka. Kami berusaha membimbing mereka tentang bagaimana cara berpikir untuk menyelesaikan permasalahan yang mereka temukan dalam PR mereka dan mengajarkan pengetahuan baru pada mereka.

Tak  lupa cerita-cerita yang penuh kata-kata mutiara kami ceritakan pada mereka, agar mereka selalu ingat pesan-pesan dari cerita tersebut dan cerita-cerita tersebut tidak hilang ditelan oleh waktu dan terlupakan oleh generasi selanjutnya. Dari adik-adik kami ini pula, banyak hal yang bisa kami pelajari. Hal – hal yang mungkin kami lupakan saat kami beranjang ke saat yang sering orang sebut “Dewasa”. Belajar bersama mereka merupakan saat-saat yang menyenangkan. Kami harap hasil dari usaha kami nanti akan berbuah menjadi rasa penasaran meski hanya sedikit rasa penasaran, tak apalah. Yang terpenting  mereka memilik rasa penasaran yang akan mereka gunakan untuk belajar dan memecahkan permasalahan negara ini dan bahkan dunia ini.

The following two tabs change content below.
Gapurana adalah Media Warga. Setiap informasi atau opini di Gapurana menjadi tanggung jawab Penulis.

  

Leave a Reply

ADVERTISE WITH US

Redaksi Gapura Media

Telepon : (0262) - 4890149

HP : 08122434489

sales[at]gapuraindonesia.com

www.gapuraindonesia.com

CITIZEN JURNALISM

Disini Anda dapat mengirim dan menulis berita atau opini, yang Anda temukan di lingkungan sekitar Anda. Mohon gunakan bahasa yang sopan dan santun.

About Us

Portal Gapurana adalah portal media online yang menampung opini serta informasi dari masyarakat. Semua tulisan di Gapurana sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis.

Our Parners