GAPURANA | Portal Opini Warga

OpiniWarga

  

“Belut Kuning” Setya Novanto Menang, Penyidikan KPK Dihentikan

JAKARTA, CAKRAWALA.CO,- Ketua DPR Setya Novanto yang juga Ketua Umum Partai Golkar kembali menunjukkan “kesaktiannya” sehingga sampai hari ini ia masih dianggap sebagai “belut kuning” lantaran selalu lolos dari jeratan hukum.

Hari ini Jumat (29/9/2017) Setya Novanto menang dalam sidang Praperadilan melawan KPK di pengadilan Negeri Jakarta Selatan. Dengan demikian penyidikan KPK harus dihentikan karena proses penetapan tersangka terhadap Setya Novanto tidak sah.

Hakim tunggal Cepi Iskandar mengabulkan permohonan pemohon untuk sebagian. Selanjutnya “Memerintahkan kepada termohon untuk menghentikan penyidikan terhadap Setya Novanto berdasarkan surat penyidikan nomor 56/01/07/2017 tertanggal 17 Juli 2017,” tegas hakim.

Dalam pertimbangan hukumnya, hakim Cepi menilai penetapan tersangka harus dilakukan di akhir tahap penyidikan suatu perkara. Hal itu harus dilakukan untuk menjaga harkat dan martabat seseorang.

“Menimbang bahwa dari hal-hal tersebut, hakim berpendapat bahwa proses penetapan tersangka di akhir penyidikan, maka hak-hak tersangka bisa dilindungi,” ucap Cepi.

Cepi menyebut surat perintah penyidikan dengan nomor Sprin.Dik-56/01/07/2017 tertanggal 17 Juli 2017 tidak sah. Selain itu, Cepi mengatakan bila bukti yang digunakan dalam perkara sebelumnya tidak bisa digunakan untuk menangani perkara selanjutnya.

“Menimbang setelah diperiksa bukti-bukti merupakan hasil pengembangan dari perkara orang lain yaitu Irman dan Sugiharto,” ucap Cepi.

Sebelumnya, Novanto menggugat penetapannya sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek e-KTP oleh KPK.

Dalam gugatannya, Novanto mencantumkan 6 poin permohonan (petitum). Salah satunya adalah meminta agar pengadilan menyatakan penetapan tersangka KPK terhadap dirinya adalah tidak sah. Selain itu, Novanto juga meminta pengadilan agar KPK menghentikan penyidikan terhadap dirinya. (fur)

The following two tabs change content below.
Bergabunglah bersama Kami untuk memperbaharui pola pikir dan sikap dengan menyimak informasi yang menarik dan berguna dari Garut untuk Indonesia
Gapurana adalah Media Warga. Setiap informasi atau opini di Gapurana menjadi tanggung jawab Penulis.

  

Leave a Reply

ADVERTISE WITH US

Redaksi Gapura Media

Telepon : (0262) - 4890149

HP : 08122434489

sales[at]gapuraindonesia.com

www.gapuraindonesia.com

CITIZEN JURNALISM

Disini Anda dapat mengirim dan menulis berita atau opini, yang Anda temukan di lingkungan sekitar Anda. Mohon gunakan bahasa yang sopan dan santun.

About Us

Portal Gapurana adalah portal media online yang menampung opini serta informasi dari masyarakat. Semua tulisan di Gapurana sepenuhnya menjadi tanggung jawab Penulis.

Our Parners